Internet Online Marketing
Kamis, 17 Januari 2008
Salah Kaprah tentang Bisnis Afiliasi AsianBrain
anyak orang awam yang suka mengidentikkan AsianBrain dengan bisnis afiliasi, atau affiliate marketing (AM). Setiap kali mengkritik AsianBrain, yang mereka bahas hanya AM ini. Maka beberapa kesalahan persepsi pun muncul, seperti:

* AsianBrain = MLM
* AsianBrain = penipu, karena tak ada produk yang dijual. Kita dipaksa merekrut downline baru, padahal tak ada barang yang benar-benar ditawarkan.
* Di AsianBrain, kita akan diwajibkan menjual produk tertentu.

Ya, memang benar. AsianBrain punya bisnis affiliate marketing. Tapi AM ini sebenarnya hanyalah sebuah BISNIS SAMPINGAN. Bisnis utama AsianBrain adalah SEKOLAH INTERNET MARKETING.

Agar lebih gampang dipahami:
Jangan identikkan AsianBrain dengan Amway atau CNI. Tapi identikkan dengan Universitas Trisakti atau Oxford English Course.

Nah, sudah jelas sekarang, bukan?

Info selengkapnya, silahkan baca di sini :)

Sebagai sebuah sekolah, AsianBrain akan mengajari kita BAGAIMANA CARA berbisnis lewat internet. Dan sebagai siswa, kita akan mempraktekkan ilmu yang diperoleh dari AsianBrain. Kita akan menjalankan bisnis internet marketing, dan diharapkan mendapat banyak penghasilan dari sana.

Kalau Anda menganggap bisnis AsianBrain hanyalah affiliate marketing, coba simak fakta berikut:

Berdasarkan data keanggotaan AsianBrain, siswa yang berstatus top affiliate(*) pada bulan Agustus 2007 berhasil merekrut siswa baru sebanyak 13 orang. Peraturan menyebutkan, kita akan mendapat komisi Rp 50.000 untuk setiap siswa baru yang kita rekrut. Jadi, penghasilan si top affiliate tersebut khusus untuk bulan Agustus 2007 adalah Rp 50.000 x 13 orang = Rp 650.000.

Apakah Rp 650.000 merupakan jumlah yang fantastis untuk ukuran sebuah bisnis? Itu adalah jumlah yang SANGAT KECIL. Apalagi bila dibandingkan dengan iuran bulanan Rp 199.000. “Keuntungan bersih” si top affiliate untuk Agustus 2007 hanya sebesar Rp 451.000.

Ya, memang ada juga siswa AsianBrain yang - karena kerja keras dan ketekunannya - berhasil merekrut ratusan siswa baru. Biasanya, siswa seperti ini memang sengaja memfokuskan diri pada bisnis affiliate marketing saja.

Tapi berdasarkan pengalaman, jumlah siswa yang sukses dengan cara seperti ini tidaklah banyak. Sebagian besar siswa AsianBrain justru berhasil mengumpulkan ribuan dolar dari bidang internet marketing lainnya.

* * *

Jadi, terlalu mendramatisir program affiliate marketing AsianBrain sebenarnya merupakan sikap yang kurang proporsional. Terlebih karena tidak ada kewajiban bagi siswa untuk mempraktekkannya. Bila Anda tak suka affiliate marketing, ya tak usah diikuti. Sebagai siswa AsianBrain, Anda cukup mempraktekkan ilmu internet marketing lainnya, yang jenisnya sangat banyak. Lewat ketekunan dan kerja keras Anda, Insya Allah dari sana Anda akan mendapat banyak penghasilan.

* * *

Kenapa AsianBrain - yang notabene sebuah SEKOLAH internet marketing - menyediakan program affiliate marketing?

Ya, pertanyaan cerdas!

Terlepas dari apapun, affiliate marketing sebenarnya merupakan SALAH SATU jenis bisnis internet marketing. Karena AsianBrain adalah sekolah internet marketing, maka bisnis affiliate marketing merupakan salah satu materi pelajaran yang diberikan.

Dengan demikian, merekrut siswa baru merupakan SALAH SATU upaya para AsianBrainers (**) untuk mempraktekkan ilmu internet marketing yang mereka dapatkan. Ada kata SALAH SATU di sini. Artinya, masih banyak bidang lain di dunia internet marketing yang dapat anda praktekkan, tidak hanya affiliate marketing.

* * *

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan affiliate marketing?

Pada modul pertama AsianBrain yang dibagi-bagian secara gratis, tertulis definisi sebagai berikut.

“Affiliate marketing adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet. Bisnis ini pada dasarnya merupakan model bisnis yang sangat lama, yakni membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual.

…..

Dalam affiliate marketing, kita dibayar kalau kita berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau affiliate merchant.

Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet.

Sementara orang-orang yang tidak memiliki produk jasa untuk dijual, bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi.

Nah, orang-orang yang menghasilkan uang dengan cara tersebut di atas disebut ‘affiliate marketers‘ atau ‘affiliate‘.”

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda mungkin langsung teringat pada makelar tanah. Para makelar tanah adalah orang-orang yang BERMODAL DENGKUL, menyediakan dirinya sebagai penghubung antara si penjual tanah dengan calon pembeli. Bila tanah tersebut laku, si makelar mendapat komisi dari si penjual tanah.

Nah, affiliate marketing pun sama seperti itu. Bedanya, affiliate marketing terjadi di internet. Dalam konteks AsianBrain, tugas seorang affiliate marketer adalah membantu mencarikan siswa baru bagi AsianBrain.

Tentu saja, dunia makelar atau peragenan tidak mengenal istilah MULTI LEVEL, bukan? Ketika si makelar tanah berhasil menjualkan tanah, prosesnya berhenti sampai di situ. Ia tak perlu mencari downline sampai bertingkat-tingkat.

Nah, demikian pula halnya dengan bisnis affiliate marketing di AsianBrain. Anda - sesuai keinginan Anda sendiri, bukan kewajiban dari manapun - hanya mencari siswa baru sebanyak mungkin.

Misalkan Anda berhasil merekrut seorang siswa baru bernama A. Maka, Anda mendapat komisi Rp 50.000 dari AsianBrain.

Lalu, si A berhasil merekrut siswa baru lagi bernama B. Maka, si A mendapat komisi Rp 50.000 dari AsianBrain. Sementara Anda tidak mendapat apapun dari transaksi yang dilakukan oleh si A ini. Sebab jaringan afiliasi Anda berhenti sampai si A saja. Anda tak punya “hubungan jaringan” dengan si B dan seterusnya.

Jadi, tentu tidak beralasan bila affiliate marketing disamakan dengan Multi Level Marketing atau MLM.


(*)
Keterangan:

(*) Top affiliate = siswa AsianBrain yang berhasil merekrut siswa baru dengan jumlah terbanyak.

(**) AsianBrainers = Istilah keren untuk para siswa AsianBrain.
posted by klulaku @ 23.53  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: klulaku
Home: Indonesia
About Me: I am part of small piece in this world, with my limitation and weakness. I am wishing to be useful to all society. don't be hesitate to know me.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Links
Powered by

BLOGGER

AsianBrain

AsianBrain