Internet Online Marketing
Kamis, 17 Januari 2008
Ilmu internet marketing seharusnya gratis?
Salah satu argumen yang sering dilontarkan oleh teman-teman yang antipati terhadap Anne Ahira dan AsianBrain adalah, “Belajar internet marketing itu seharusnya gratis. Banyak sumber belajar gratisan di internet. Ngapain harus membayar?”

Argumen mereka seolah-olah menyiratkan, “Mengkomersilkan ilmu internet marketing merupakan sebuah perbuatan dosa, memalukan, tidak etis, bahkan bisa disebut penipuan.”

Mungkin konteks penipuan yang dimaksud:
Asianbrain memanfaatkan ketidaktahuan para newbie (*). Para newbie itu tidak tahu bahwa banyak sumber gratisan di internet untuk belajar internet marketing. “Seandainya mereka tahu, mereka tak akan sudi berguru di AsianBrain,” begitu mungkin ucapan mereka di dalam hati.

Ya, memang secara verbal mereka tidak berkata seperti itu. Tapi hal itu amat jelas dari argumen-argumen mereka.

* * *

Untuk menjawab argumen di atas, saya kira cukuplah kita menanyakan satu hal:

Siapa yang membuat peraturan “belajar internet marketing itu seharusnya gratis? Siapa yang membuat peraturan bahwa ilmu internet marketing tak boleh dikomersilkan?”

Bahkan dalam konteks ajaran Islam:
Apakah berdosa jika seseorang mencari rezeki dengan cara membagi-bagikan ilmu?

Jika Anda menjawab “berdosa”, berarti para guru, dosen dan orang-orang lain yang berprofesi sebagai pengajar, tentu punya dosa yang sangat besar. Tentu Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun sejak dulu sudah membuat fatwa haram terhadap profesi guru dan dosen.

* * *

Saya kira, ini sebenarnya hanya masalah pola pikir kita yang sudah terbiasa dengan yang gratisan di internet. Internet memang identik dengan gratisan. Jadi ketika ada orang yang menerapkan bayaran untuk sebuah “produk internet”, kita merasa itu aneh dan “tidak seharusnya”.

Padahal, kalau kita mau berpikir jernih, ilmu itu memang mahal.

Menggratiskan ilmu adalah sebuah kebaikan, tapi itu bukanlah sebuah keharusan. Adalah hak seseorang untuk menggratiskan ilmu, dan hak seseorang pula untuk mengutip bayaran atas ilmu yang dia bagi-bagikan. Semua ini sah-sah saja. Bahkan agama pun memperbolehkannya.

Benar, bukan?


Keterangan:
(*) Newbie = Para pemula atau orang yang baru belajar internet.
posted by klulaku @ 23.25  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: klulaku
Home: Indonesia
About Me: I am part of small piece in this world, with my limitation and weakness. I am wishing to be useful to all society. don't be hesitate to know me.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Links
Powered by

BLOGGER

AsianBrain

AsianBrain